Beranda » Artikel Blog » Tips Packaging Barang Untuk Mencegah Kerusakan Di Expedisi

Tips Packaging Barang Untuk Mencegah Kerusakan Di Expedisi

Diposting pada 3 Desember 2020 oleh admin | Dilihat: 27 kali

Tips Packaging Barang Untuk Mencegah Kerusakan Di Expedisi

Hati Tenang, Kirim Orderan Aman dengan Kurir Instan!

Di zaman modern seperti sekarang ini, kemasan menjadi bagian yang sangat  penting dalam kehidupan bermasyarakat sehari-hari, terutama untuk kebutuhan produk hasil UKM. Packing adalah pengemasan suatu barang yang siap untuk dikirim atau didistribusikan ke tempat lain atau bisa disebut juga dengan pengepakan. Barang biasanya ditaruh dalam suatu kotak atau yang lainnya sehingga barang tidak mudah rusak,barang dalam keadaan baik  dan terkesan aman ataupun rapi.Kemasan adalah bagian terluar yang menutupi suatu produk dengan tujuan untuk menjaga produk dari cuaca, guncangan dan benturan-benturan, dengan benda lain agar barang/produk tetap dalam keadaan baik dan aman. Setiap benda yang membungkus suatu produk di dalamnya dapat disebut dengan packaging selama hal tersebut memang melindungi isinya. [Tips Packaging Barang Untuk Mencegah Kerusakan Di Expedisi]

Tips Packaging Barang Untuk Mencegah Kerusakan Di Expedisi

Tips Packaging Barang Untuk Mencegah Kerusakan Di Expedisi

Pada saat menghadapi persaingan pasar, pelaku bisnis makanan ringan membutuhkan perubahan dan inspirasi untuk menyajikan hasil makanan ringan agar berbeda dari produk lainnya. Contohnya dengan cara membuat inovasi bentuk dan desain kemasan barang yang jauh lebih menarik. Untuk Anda yang mau mengawali bisnis kemasan yang inovatif, inilah cara yang dapat Anda lakukan dalam mengawali bisnis tersebut. Kita juga harus mengetaui perbedaan pengertian packing dan packaging.

hingga bisa diterima secara tepat waktu dan tanpa adanya cacat atau kerusakan apapun kepada mereka adalah sesuatu yang setiap pemilik usaha dan bisnis selalu upayakan untuk di capai. Tidak peduli apakah pengiriman barang tersebut di lakukan didalam negeri atau keluar negeri.

Salah satu upaya yang dilakukan oleh pemilik usaha dan bisnis dalam hal ini adalah perusahaan, adalah berusaha untuk mengemas barang yang akan dikirim tersebut secara baik dan benar. Ketika produk tersebut tidak dikemas dengan benar, maka potensi terjadinya kerusakan selama dalam pengiriman oleh pihak ketiga menjadi lebih besar. Ketika ini terjadi, maka dapat dipastikan hal tersebut secara signifikanakan  menurunkan kepuasan pelanggan, terutama jika kerusakan tersebut sering terjadi. Untuk alasan tersebut maka Anda perlu untuk mengetahui bagaimana cara packing barang yang baik dan benar agar aman saat dilakukan pengiriman nantinya. [Tips Packaging Barang Untuk Mencegah Kerusakan Di Expedisi]

Kita tentu memahami fakta bahwa produk yang akan dikirimkan kepada pelanggan terdiri dari berbagai jenis ukuran, bahan dan bentuknya. Untuk itu Anda perlu membuat sebuah pilihan yang tepat dari kemasan untuk produk tersebut, apakah Anda akan menggunakan kemasan berupa karton box, peti dan packaging lainnya. Pada intinya adalah kemasan yang Anda pilih harus dapat melindungi produk Anda ketika dikirimkan kepada pelanggan.

Apa Sih Manfaat Packaging ?

Manfaat yang paling mendasar dari packaging adalah untuk melindungi barang dari kerusakan-kerusakan,sampai ketangan customer daqlam keadaan baik , agar lebih mudah diangkut dan dipasarkan. [Tips Packaging Barang Untuk Mencegah Kerusakan Di Expedisi]

Tips Packaging Barang Untuk Mencegah Kerusakan Di Expedisi

Tips Packaging Barang Untuk Mencegah Kerusakan Di Expedisi

Melindungi produk selama proses distribusi dari penghasil hingga ke pelanggan, agar barang tidak terserai, terutama untuk cairan, pasta atau butiran,isi dalamnya tidak rusak .

Memelihara barang dari cahaya ultraviolet, panas, hujan, oksigen, benturan, kontaminasi dari kotoran yang dapat merusak dan mengurangi kualitas produk.

Sebagai identitas barang, pada perkara ini, packaging dapat dipakai untuk alat komunikasi kepada konsumen melalui label yang terdapat pada bungkusan.

Apa Saja Jenis Kemasan Dalam Pengiriman?

Ada banyak sekali pilihan kemasan yang bisa Anda pilih. Namun pada akhirnya pilihan Anda sebagian besar akan ditentukan oleh ukuran produk, berat produk dan jenis produk yang akan Anda kirim. [Tips Packaging Barang Untuk Mencegah Kerusakan Di Expedisi]

Berikut ini adalah beberapa contoh kemasan produk tersebut, antara lain:

  1. Chipboard & Kotak Karton [Tips Packaging Barang Untuk Mencegah Kerusakan Di Expedisi]

Packaging ini adalah jenis kotak yang dibuat dari bahan lentur dan mudah ditekuk karena terbuat dari kardus. Kotak karton umumnya memiliki jenis pilihan yang beragam, mulai dari ukuran yang kecil hingga ukuran yang besar. Secara umum Kotak karton biasanya berwarna coklat atau putih Packaging jenis ini sebagian besar digunakan untuk produk kosmetik, obat-obatan, hadiah dan rak kemasan.

  1. Kotak Bergelombang

Jenis kotak ini sangat kokoh sehingga  dapat menahan bobot yang cukup berat. Packaging ini terbuat dari bahan bergelombang dan memiliki beberapa bantalan untuk produk Anda. Packaging jenis ini tersedia dalam berbagai ukuran dan cocok untuk pengiriman dengan tujuan yang jauh dan waktu yang lebih lama.

  1. Peti Kayu

Jenis packaging ini biasanya di gunakan untuk kemasan produk yang berat. Packaging ini biasanya digunakan untuk pengiriman dalam negeri.

  1. Kotak kayu lapis (plywood)

Kotak ini sebagian besar digunakan dalam pengiriman keluar negeri. Meskipun ringan, kotak pengepakan ini terbuat dari jenis kayu lapis (plywood), sehingga membuatnya sangat padat. Untuk alasan ini, packaging jenis ini sebagian besar digunakan untuk pengiriman barang lewat udara (cargo).

Tips Packaging Barang Untuk Mencegah Kerusakan Di Expedisi

Tips Packaging Barang Untuk Mencegah Kerusakan Di Expedisi

Selain ketiga jenis packaging di atas, ada juga jenis kemasan yang lain seperti Tong, barel, drum baja, dan sebagainya. [Tips Packaging Barang Untuk Mencegah Kerusakan Di Expedisi]

Tips Packing Barang untuk Pengiriman Kurir Instan

  1. Pastikan Berat dan Volume Sesuai
    Kamu pasti tahu bahwa banyak pembeli memilih kurir instan agar barang pesanannya cepat sampai. Namun, perhatikan apakah kondisi barang cocok untuk dikirim menggunakan kurir instan. Jika barang memiliki volume/berat melebihi >5kg, lebih baik gunakan layanan pengiriman Expedisi yang anda percayai agar lebih terjamin. Selain menghindari risiko kerusakan yang bisa menyebabkan ketidakpuasan pembeli, hal ini juga penting untuk memastikan keselamatan driver kurir selama proses pengiriman.
  1. Pastikan Pengemasan Barangmu Sesuai dan Dalam Keadaan Baik
    Kamu pasti tahu bahwa banyak pembeli memilih kurir instan agar barang pesanannya cepat sampai. Khususnya untuk kategori-kategori yang memiliki nilai kepentingan tinggi, seperti alat elektronik, fashion, atau keperluan rumah tangga. Penting bagi Seller untuk memperhatikan keamanan dan kerapian pengemasan produk serta memastikan barang sampai dalam keadaan seharusnya. [Tips Packaging Barang Untuk Mencegah Kerusakan Di Expedisi]
  1. Keamanan Saat Menyerahkan Barang Kepada Driver
    Selain memastikan bahwa barang dikemas dengan baik, rapi dan aman, pastikan juga kamu harus memperhatikan beberapa hal ketika driver melakukan penjemputan barang. Etika Menyerahkan Barang Kepada Jasa Pengiriman Barang
    Ketika atau tata cara mengirim paket dengan baik dan benar membuat penerima puas dengan barang yang kita kirimkan. Mungkin ulasan ini sangat berguna bagi para pelaku bisnis online yang sering mengirim produk ke customernya. Berikut ini adalah beberapa tips saat menyerahkan paket kepada jasa pengiriman barang.
  2. Pastikan paket terbungkus aman dan rapi
    Proses pembukusan ini sangat berguna sekali untuk melindungi produk dari benda tajam, air dan guncangan saat perjalanan sebelum tiba di tempat tujuan. Bungkuslah serapi dan serapat mungkin agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan. Sebaiknya pembungkusan juga menggunakan buble wrap, kardus dan plastik pelindung paling luar agar barang datang ke cistomer dalam keadaan yang baik.
  3. Tulis alamat tujuan dengan lengkap dan jelas
    Penulisan alamat penerima sangat berguna bagi agen logistik untuk mengantarkan paket sesuai tujuan yang dikehendaki agar paket dapat datang derngan cepat dan mempermudahkan kurir dalam mengantarkan paket. Dan biasanya alamat meliputi nomor telefon dan nama lengkap si penerima .
  4. Tulis spesifikai barang/produk dengan benar
    Penulisan produk sangat mempengaruhi kepuasan penerima, hal ini dilakukan untuk memperjelas isi paket sehingga meminimalisir kesalahan pengiriman.

    Berikut ini contoh penulisan spesifikasi yang lengkap :
    Spesifikasi produk :
    Bahan : cotton
    Ukuran : M
    Brand : My wos
    Berat : 100 gr
    Warna : merah

  5. Lalu bawa paket anda ke agen logistik terdekat
    Setelah siap dikirim paketan diteliti terlebih dahulu baik dari segi pengemasan maupun penulisan alamat penerima. Selanjutnya kita langsung menuju outlet agen logistik terdekat dan menyerahkan paketan kepada sales counter officer untuk dilakukan pendataan. Setelah itu, kita akan menerima nomer resi yang dipergunakan untuk mengetahui update lokasi paket dan dilanjutkan dengan pembayaran ongkos kirim.
  6. Untuk Menghindari Barang Hilang atau Rusak Karena Kurir Pengiriman, Aktifkan Layanan Asuransi
    Sesuai syarat dan ketentuan yang berlaku, apabila Seller mengaktifkan layanan asuransi, barang akan lebih terjamin keamanannya. Dengan menggunakan layanan asuransi, jika barang orderan dinyatakan hilang atau rusak, baik Buyer ataupun Seller akan diberi kompensasi untuk barang tersebut. [Tips Packaging Barang Untuk Mencegah Kerusakan Di Expedisi]

Nahh,jadi kesimpulannya Adalah hal yang sangat penting bagi Anda untuk mematuhi dan mengikuti standar pengepakan dan pengiriman barang.  Hal ini akan membantu Anda untuk meminimalkan kerugian dan meningkatkan kepuasan pelanggan Anda. Selalu pastikan bahwa Anda selalu menggunakan kotak berkualitas tinggi, karena akan menjamin produk Anda dari kerusakan selama pengiriman. Setelah tahu cara packing barang yang aman di atas, jangan lupa untuk dipraktikkan, ya. Perlu diingat juga nih Guys, masih sering terjadi kesalahan ketika membungkus produk dengan bubble wrap. Yang perlu dilapisi bubble wrap adalah produknya ya, bukan kardus luarnya, karena nggak perlu. Kenali juga berbagai macam fungsi pelindung kemasan, mulai dari bubble wrap, peti kayu, pvc,plastik kresek, kardus, amplop, dan lain sebagainya untuk disesuaikan dengan produk yang berbeda.

Untuk rekomendasi barang baru lainnya langsung saja kunjungi laman GrosiranSolo.Com atau langsung ke Toko Grosiran Solo : Jalan Palur Bekonang KM 1, Jatimalang, Joho, Kec. Mojolaban, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah 57554.

Soo… Tunggu apa lagi ? Buruan Gabung dan Raup Rejekimu Sebanyak-banyaknya. Kami tunggu kedatangan anda Disini.

Untuk rekomendasi lainnya langsung saja kunjungi laman GrosiranSolo.Com atau langsung ke Toko Grosiran Solo : Jalan Palur Bekonang KM 1, Jatimalang, Joho, Kec. Mojolaban, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah 57554.

Semua Barang Grosir tersedia di Grosiran SoloSepatu AnakSepatu PriaSepatu WanitaTas AnakTas PriaTas WanitaMainan EdukasiJam Tangan Pria , Jam Tangan Wanita,

Grosiran Solo Gudang Fashion Murah Tenan.
Grosiran Solo juga menerima Jasa Import Barang skala besar mulai 1 kubik/cbm hingga beberapa kontainer, dengan tempo / jangka waktu pengiriman 4 – 5 Minggu. Jadi bagi anda yang ingin impor langsung juga bisa kami layani APAPUN BARANG YANG INGIN ANDA IMPOR BISA KITA LAYANI. Anda cukup duduk manis barang sudah sampai ditempat anda. anda tidak usah bingung menghitung pajak dan ongkir, semuanya sudah kita yang hitungkan sekaligus. Sekali lagi, anda cukup duduk manis sambil ngopi dan barang anda akan datang dengan sendirinya dirumah. Tunggu apalagi, manfaatkan kesempatan ini sebaik-baiknya.

Alamat Gudang Grosiran Solo berada di Jalan Palur-Bekonang Km 1, Joho, Mojolaban, Sukoharjo, Solo Jawa Tengah. Sesuai Google Map

Tips Packaging Barang Untuk Mencegah Kerusakan Di Expedisi | Grosiran Solo

Komentar dinonaktifkan: Tips Packaging Barang Untuk Mencegah Kerusakan Di Expedisi

Maaf, form komentar dinonaktifkan.

Mungkin Anda tertarik produk berikut ini:
Quick Order
Sling Bag MJ Style

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Sling Bag MJ Style Rp 50.000
Ready Stock / GST1206
Rp 50.000
Ready Stock / GST1206
Quick Order
Tongkat E Toll Warna Merah

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Tongkat E Toll Warna Merah Rp 4.000
Ready Stock / GSP1001
Rp 4.000
Ready Stock / GSP1001
Quick Order
Tas Jelly Asli Import Kualitas Terbaik

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Tas Jelly Asli Import Kualitas Terbaik Rp 50.000
Ready Stock / GST242
Rp 50.000
Ready Stock / GST242
SIDEBAR

Legalitas Perusahaan

PT. MAHA KARYA DIGITAL

NIB : 0220306891541.

SIUP : 0220306891541.

NPWP : 92.129.548.1-532.000.

SKM : AHU-0033005.AH.01.01.2019.

Alamat

Toko sekaligus Gudang Grosiran Solo berada di Jl. Palur-Bekonang KM 1, Jatimalang RT 01/01. Joho, Mojolaban, Sukoharjo, Solo Jawa Tengah 57554

Customer Service
WA/ Telegram : 081 666 4505