Beranda » Artikel Blog » Sikap Nasionalisme di Masa Pandemi Covid 19

Sikap Nasionalisme di Masa Pandemi Covid 19

Diposting pada 12 Agustus 2021 oleh Grosiran Solo | Dilihat: 16 kali

Sikap Nasionalisme di Masa Pandemi Covid 19

Pandemi Covid-19 harus menjadi perhatian semua pihak dan setiap warga negara Indonesia dengan memahami langkah yang harus dilakukan. Dibutuhkan kesadaran protokol kesehatan dalam setiap melakukan aktivitas. Disisi lain juga harus dibangun kesadaran warga untuk menjaga stabilitas ekonomi keluarga dan menjadi pelopor kepedulian bagi orang-orang terdekat.

Sikap Nasionalisme di Masa Pandemi Covid 19 – Dosen Fakultas Ekonomi (FE) Universitas Widya Mataram (UWM), Nany Noor Kurniyati, SE., MM., M.Sc menuturkan, semangat Hari Pahlawan yang selalu diperingati pada tanggal 10 November menjadi motivasi masyarakat Indonesia untuk lebih meningkatkan jiwa patriotik dan nasionalisme yang tinggi. Selama pandemi Covid-19 diperlukan tindakan yang bernilai kepahlawanan seperti semangat pantang menyerah, semangat pengorbanan, dan mengutamakan kepentingan bangsa.

“Saling memahami untuk tolong-menolong dan menanggung beban kesulitan orang-orang disekitar diharapkan selalu muncul dalam situasi pandemi Covid 19,” ucap Nany pada Senin (9/11/2020).

Sikap Nasionalisme di Masa Pandemi Covid 19 – Salah satu yang menjadi kebanggaan kita, lanjut Nany, masih terjaganya semangat kebersamaan dan gotong-royong sebagai jatidiri bangsa Indonesia. Hal itu tampak dari kebersamaan melakukan pengamanan lingkungan, penyemprotan disinfektan, kampanye menyerukan pola hidup sehat dengan melakukan cuci tangan, menggunakan masker dan menjaga jarak.

“Salah satu hal penting yang harus menjadi perhatian disamping kesehatan adalah menjaga pertumbuhan ekonomi agar tetap stabil. Sektor ekonomi harus segera bangkit setelah banyak sektor usaha yang terpuruk yang bermuara pada terjadinya gelombang Pemutusan Hubungan Kerja (PHK). Upaya yang dapat terus didorong adalah menciptakan kewirausahaan baru,” ungkapnya.

Sikap Nasionalisme di Masa Pandemi Covid 19 – Dosen Manajemen itu menjelaskan, ada beberapa hal penting yang perlu diperhatikan untuk memotivasi diri dalam berbagai aktivitas, baik dalam aktivitas kerja maupun berwirausaha. Warga harus mengubah pola pikir subyektif agar menjadi pribadi terbuka, menerima perbedaan, toleransi dan dapat berbaur serta bersosialisasi dalam lingkungannya.

“Mengubah pola pikir yang subyektif ini mencakup tiga hal diantaranya keseimbangan antara melakukan hal-hal besar dan hal-hal yang sepele, mengubah pola pikir dari memenuhi kebutuhan diri sendiri menjadi memenuhi kebutuhan orang lain, dan fokus pada pelaksanaan tanggung jawab,” kata Nany.

Sikap Nasionalisme di Masa Pandemi Covid 19 – Beberapa faktor yang mendukung terwujudnya paham nasionalisme dapat kita ketahui dari sejarah ketika masa perang merebut kemerdekaan di masa lalu, antara lain: Adanya ikatan rasa senasib sepenanggungan Bertempat tinggal dalam satu wilayah yang sama Ingin melepaskan diri dari penjajahan. Adapun prinsip-prinsip nasionalisme menurut Frederick Hertz dalam bukunya berjudul “Nationality in History and Politics” meliputi hasrat untuk mencapai kesatuan, kemerdekaan, keaslian, dan kehormatan bangsa. Jika dikaitkan dengan masa pandemi Covid-19 saat ini,

Sikap Nasionalisme di Masa Pandemi Covid 19 – sikap kita yang menunjukkan rasa cinta Tanah Air dapat dibuktikan dengan cara berikut ini.

1. Adanya kesadaran dan kedisiplinan masyarakat secara kolektif dalam mematuhi protokol kesehatan seperti memakai masker ketika keluar rumah, menghindari kerumuman, jaga jarak aman (physical distancing), cuci tangan menggunakan sabun dengan air yang mengalir atau hand sanitizer, dan mengonsumsi vitamin dan makanan yang bergizi.

2. Adanya kesadaran mematuhi berbagai ketentuan regulasi yang ditetapkan oleh pemerintah dan tidak melakukan perbuatan yang melanggar hukum Mengikuti perkembangan berita terkait dengan kasus pandemi Covid-19 yang mengenai jumlah korban yang terpapar, sembuh dan meninggal pemberitaannya terus di-update oleh media TV dan media cetak.

Jadi dalam menghadapi masalah pandemi Covid-19 diperlukan adanya jiwa nasionalisme dari seluruh bangsa Indonesia demi keberlangsungan hidup bersama. Rasa nasionalisme penting dimiliki oleh bangsa Indonesia dalam menghadapi pandemi Covid-19. Jika di masa lalu seluruh komponen bangsa dengan rasa nasionalisme tinggi bersatu berjuang melawan penjajah untuk merebut kemerdekaan, maka sekarang ini kita sebagai bangsa Indonesia dengan rasa nasionalisme tinggi pula harus bersatu melawan Covid-19.

Caranya dengan menerapkan berbagai protokol yang telah ditetapkan, terlebih ketika kita akan memasuki masa tatanan kehidupan baru (new normal life). Karena, pada kenyataannya pandemi Covid-19 belum berakhir. Tanpa memiliki rasa nasionalisme tinggi yang didukung dengan kesadaran dan kedisiplinan tinggi pula sangat sulit kiranya melaksanakan new normal life secara baik. Nasionalisme dalam situasi negara seperti saat ini diperlukan karena dapat menjadi pemersatu bangsa dan untuk mempertahankan keutuhan NKRI tercinta terlebih jika dikaitkan dengan konstitusi negara Republik Indonesia.

Untuk rekomendasi Aksesoris Gowes lainnya langsung saja kunjungi laman GrosiranSolo.Com atau langsung ke Toko Grosiran Solo : Jalan Palur Bekonang KM 1, Jatimalang, Joho, Kec. Mojolaban, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah 57554.

Semua Barang Grosir tersedia di Grosiran SoloSepatu AnakSepatu PriaSepatu WanitaTas AnakTas PriaTas WanitaMainan EdukasiJam Tangan Pria , Jam Tangan Wanita,

Grosiran Solo Gudang Fashion Murah Tenan.
Grosiran Solo juga menerima Jasa Import Barang skala besar mulai 1 kubik/cbm hingga beberapa kontainer, dengan tempo / jangka waktu pengiriman 4 – 5  Minggu. Jadi bagi anda yang ingin impor langsung juga bisa kami layani APAPUN BARANG YANG INGIN ANDA IMPOR BISA KITA LAYANI. Anda cukup duduk manis barang sudah sampai ditempat anda. anda tidak usah bingung menghitung pajak dan ongkir, semuanya sudah kita yang hitungkan sekaligus. Sekali lagi, anda cukup duduk manis sambil ngopi dan barang anda akan datang dengan sendirinya dirumah. Tunggu apalagi, manfaatkan kesempatan ini sebaik-baiknya.

Alamat Gudang Grosiran Solo berada di Jalan Palur-Bekonang Km 1, Joho, Mojolaban, Sukoharjo, Solo Jawa Tengah. Sesuai Google Map

Sikap Nasionalisme di Masa Pandemi Covid 19 | Grosiran Solo

Komentar dinonaktifkan: Sikap Nasionalisme di Masa Pandemi Covid 19

Maaf, form komentar dinonaktifkan.

Mungkin Anda tertarik produk berikut ini:
Hoodie Sweater Pokemon 3 Dimensi

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Hoodie Sweater Pokemon 3 Dimensi Rp 172.000
Pre Order / GSH113
Rp 172.000
Pre Order / GSH113
Kaos 3 Dimensi Animasi Star Wars Import

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Kaos 3 Dimensi Animasi Star Wars Import Rp 86.000
Pre Order / GSK196
Rp 86.000
Pre Order / GSK196
Hoodie Sweater Serigala 3 Dimensi Terlaris

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Hoodie Sweater Serigala 3 Dimensi Terlaris Rp 172.000
Pre Order / GSH130
Rp 172.000
Pre Order / GSH130
SIDEBAR

Legalitas Perusahaan

PT. MAHA KARYA DIGITAL

NIB : 0220306891541.

SIUP : 0220306891541.

NPWP : 92.129.548.1-532.000.

SKM : AHU-0033005.AH.01.01.2019.

Alamat

Toko sekaligus Gudang Grosiran Solo berada di Jl. Palur-Bekonang KM 1, Jatimalang RT 01/01. Joho, Mojolaban, Sukoharjo, Solo Jawa Tengah 57554

Customer Service
WA/ Telegram : 081 666 4505